16 March 2022 - Oleh Fr. Lambertus Sie SVD S.Fil

Kategori : INFO KAMPUS

Unwira Sukses Selenggarakan Career Days


Kantor Kerjasama dan Pusat Karier Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, yang dinahkodai oleh Dr. Priscilla M. Assis Hornay sukses menyelenggarakan Unwira Career Days dengan mengusung tema Sukses setelah kuliah It's My Dream. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara luring dan daring selama dua hari, 14-15 Maret 2022. Narasumber yang dihadirkan berasal dari beragam profesi dan di antaranya para dosen dan alumni Unwira. Mereka adalah Adriana Nomleni (Life After University), P. John G. Salu (Balancing Ambition and Mental Health), Ratih Indriani (Pelatiahan menulis surat lamaran dan CV), Dewi Lamabelawa (Public Speaking, wawancara dan komunikasi), Priscilla M. Assis Hornay (Introduksi ke dalam Scholarship), Sisilia Tunga (The dynamics of the employment world), Dr. Elvis Albertus, Dr. Adri Gab Sooai dan Dr. Agustinus Raja Dasion (Academic Writing), Valentinus Taslulu dan Maria Regina Jaga (Preparation for TOEFL  and IELTS). Di samping itu, ada berbagai mitra dari Perbankan (BRI, BNI, Artha Graha) dan Koperasi Kredit (Adiguna, Swastisari), Surat Kabar Pos Kupang, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia, dan lain-lain.


Rektor Unwira P. Dr. Philipus Tule, SVD, didampingi Sekretaris Yapenkar P. Egi Taimenas, SVD dan para Wakil Rektor berprose bersama para narasumber Career Days Unwira 2022

Kegiatan Career Days ini sekaligus juga dilaksanakan untuk menyongsong Pancawindu Unwira, yang pestanya akan dirayakan pada tanggal 24 September 2022 mendatang. Career Days Unwira dilihat sebagai kegiatan yang tujuannya membantu para lulusan untuk siap memasuki dan menghadapi segala tantangan di dunia kerja. Unwira membekali para lulusan dengan berbagai pengetahuan, baik dari aspek mental maupun aspek keterampilan teknis. Para alumni Unwira dibantu untuk melihat peluang yanga ada, kreatif mencari dan menciptakan lapangan kerja yang kemudian bermanfaat bagi mereka sendiri.

Selain itu, Career Days merupakan salah satu program kerja Rektor Unwira, P. Dr. Philipus Tule, SVD di perode kedua kepemimpinannya.

Ketua Panitia Unwira Career Days, Budhi Benyamin Lily menekankan bahwa kegiatan Career Days adalah sebuah media atau ruang inkubasi yang disiapkan oleh Unwira untuk membekali para lulusan agar memiliki keterampilan lebih dalam rangka menghadapi tantangan di dunia kerja.

Sementara itu, dalam Kata sambutannya, Rektor Unwira, P. Dr. Philipus Tule, SVD mengutarakan bahwa Career Days atau Hari Karier adalah satu bentuk pelaksanaan pendidikan karier dan bimbingan karier di Perguruan Tinggi. Hari karier pada hakekatnya adalah program pemberian informasi mengenai karier (tentang peluang dan cara memperoleh ataupun menciptakannya), jelas Pater Philipus. Lebih jauh, Islamolog kenamaan NTT itu juga menegaskan bahwa Lembaga Pendidikan memiliki peran dan tanggung jawab untuk membantu mahasiswa menemukan minat dan bakat serta lebih jauh menyiapkan karier untuk masa depan para lulusan sedini mungkin.